Pesisir Barat Bisa Jadi Destinasi Pariwisata Kelas Dunia

Pesisir Barat Bisa Jadi Destinasi Pariwisata Kelas Dunia Source Picture : Istimewa

 

Pemerintah Provinsi Lampung akan mengembangkan Kabupaten Pesisir Barat yang terfokus pada aset alami yakni pengembangan Marina dan Konservasi Hutan, tata guna lahan berbasis kehutanan dan pertanian.

Kemudian basis kehutanan di kaki bukit Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan pertanian lahan basah dimanfaatkan di sepanjang pesisir pantai.

Kepala Badan Perencanaan dan anggaran daerah (BAPPEDA) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan ada lima zona potensi pengembangan yang teridenfikasi memiliki karakter unik.

Pertama zona gerbang Selatan (Kotajawa) yang terletak di gerbang Pesisir Barat dari arah timur dan selatan; Zona kedua destinasi Surfing (Pantai Tanjung Setia); Zona ketiga Pusat Komersial dan Pariwisata (Kota Krui); Zona keempat Resort Pantai dan Bukit (Labuhan Jukung sampai Tembakak) dan zona ke lima Eco Wisata (Pugung Tampak dan Muara Tembulih).

Lebih lanjut dipaparkan, daya tarik utama Kabupaten Pesisir Barat yaitu darat dan akuatik/laut. Potensi darat terletak di sepanjang Taman Nasional Bukit Barisan hingga ke timur. Daya tarik laut berada di sebelah utara sepanjang pesisir barat berupa pantai, situs menyelam, berselancar dan kehidupan laut.

Dengan kondisi tersebut Pesisir Barat dapat menjadi destinasi pariwisata kelas dunia. Selain itu kabupaten ini juga berpotensi sebagai model pengembangan ekowisata terintegrasi dengan kekayaan sumber daya alam lainnya serta model untuk resort dan pengembangan masyarakat sekitar.

"Pesisir Barat juga dapat dinominasikan sebagai peserta Taman Laut UNESCO karena kekayaan alam lautnya," kata Kepala Fahrizal.

Untuk itu Pemerintah harus meningkatkan aksesibilitas dengan memperbaiki infrastruktur jalan saat ini,termasuk perluasan Krui Airstrip dan perbaikan jaringan jalan.

Sumber : Lampost.co

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l5r993.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...