Pasokan Beras di Bandar Lampung Berkurang

Pasokan Beras di Bandar Lampung Berkurang Source Picture : Istimewa

 

Harga beras di Bandar Lampung naik menjadi Rp12 ribu per kilogram lantaran berkurangnya pasokan beras dari Pulau Jawa. Pemilik toko beras, Jodi, mengatakan harga beras kualitas super kini dijual Rp11 ribu hingga Rp12 ribu per kg, bergantung merek beras.

Menurutnya, kini di pasaran beras yang diperdagangkan memang tersisa kualitas super. Pasalnya, pasokan beras kelas medium menurun. "Rata-rata naiknya Rp200—Rp300 per kg,” katanya, saat ditemui di tokonya, di Jalan Teuku Umar No. 34B, Senin (16/2/2015).

Menurut Jodi, faktor cuaca yakni musim hujan membuat gabah lama kering. Hal ini dirasakan petani yang masih secara tradisional dalam proses pengeringan, tetapi pengumpul yang menggunakan mesin oven tidak masalah dengan faktor cuaca. Ia menambahkan beras yang dijualnya asli dari Lampung, karena beras dari Jawa harga sudah melambung. "Sudah 10 hari ini stok semakin berkurang."

Senada dengan itu, Kartina, pedagang di Pasar Pasirgintung, mengemukakan beras super dijual Rp11 ribu per kg, sementara beras asalan masih dijual Rp9.400 per kg. Menurutnya, pasokan beras mulai menurun. Beras asal Jawa belum masuk ke Lampung karena hama wereng yang menyerang lahan sawah di dataran Jawa.

Sumber : Lampost.co

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l6r825.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...