Lampung Giat Kembangkan Wisata Bahari

Lampung Giat Kembangkan Wisata Bahari Source Picture : Istimewa

 

Pemerintah Provinsi Lampung tengah giat mengembang sektor wisata bahari mengingat potensinya yang cukup bagus.
        
"Kunjungan wisata ke daerah ini meningkat siginifikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir dengan jumlah kunjungan wisatawan lokal 3,3 juta orang dan mancanegara sebanyak 75.000 orang," kata Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekprov Lampung Adeham, di Bandarlampung, Kamis.
        
Ia mengatakan banyaknya pulau-pulau dan pantai di daerah ini menjadi destinasi pariwisata menjadikan perahtian pemerintah daerah untuk pengembangan potensi wisata bahari.
         
Menurutnya, dengan kenaikan kunjungan wisatawan sebanyak 10--15 persen per tahun ke Lampung, diperlukan adanya upaya untuk mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut, salah satunya pengembangan prasarana dan aksesbilitas, khususnya  pengembangan dermaga kelautan.
        
"Banyaknya pulau-pulau yang menjadi destinasi pariwisata di Propinsi Lampung menjadi perhatian pemerintah dalam pengembangan potensi bahari ," ujarnya pula.
        
Pemerintah Provihsi Lampung lanjutnya, akan menggandeng pihak swasta untuk mengelola pengembangan potensi wisata bahari salah satunya di bekas dermaga kapal cepat Sukaraja Bandarlampung. Pihak swasta yang berminat mengelola kawasan itu menjadi obnjek wisata bahari yakni PT Batu Makmur.
        
Direktur PT Batu Makmur Budi Kontoro, mengatakan bahwa, pihaknya telah merancang konsep wisata terpadu (one stop service) di daerah tersebut,  dimana nantinya akan dibangun Mall, hotel bintang lima dan perkantoran sebagai sarana pendukung juga akan dibangun terminal dan pelabuhan kapal ferry yang sekelas dengan kapal pesiar.
        
Menurutnya, dengan adanya pelabuhan tersebut dapat dijadikan sebagai akses alternatif menuju pulau-pulau dan pantai yang menjadi destinasi pariwisita, yang sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Lampung dalam pengembangan potensi bahari.
        
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung  Herlina Warganegara mengatakan pihaknya selaku segera melakukan survei dan pemetaan dengan tidak meninggalkan koordinasi dari pihak pihak yang berkepentingan.
        
"Secepatnya kami akan melakukan survei sehingga pengembangan sektor wisata bahari di kawasan eks dermaga kapal cepat itu dapat terwujud," tambahnya.

 

Sumber : antara

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l6r643.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...