Jokowi Diminta Realisasikan Pembangunan Jembatan Selat Sunda

Jokowi Diminta Realisasikan Pembangunan Jembatan Selat Sunda Source Picture : Google

 

Pengusaha Kabupaten Lebak, Banten, meminta presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dapat merealisasikan rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Kami menilai, pertumbuhan ekonomi Banten dan Lampung akan meningkat, dan banyak investor jika rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) direalisasikan," kata Sekretaris Gabungan Pengusaha Indonesia (Gapensi) Kabupaten Lebak Enjat Sudrajat di Rangkasbitung, Sabtu (23/8/2014), seperti dikutip Antaranews.com.

Enjat menjelaskan, pembangunan JSS sangat strategis menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten. Selain itu, pengusaha Banten bisa dilibatkan dalam pengadaan barang dan jasa dalam pembangunan proyek tersebut.

Karena itu, pihaknya berharap pemerintahan Jokowi nanti dapat merealisasikan pembangunan JSS. Sebab, pemerintah berjanji bahwa pembangunan JSS akan dimulai 2014, tetapi hingga kini belum ada kejelasan soal megaproyek itu.

Adapun pembangunan JSS masuk dalam proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Kami berharap pembangunan JSS itu jangan sampai dibatalkan oleh pemerintahan baru itu," katanya.

Menurut Enjat, dampak pembangunan JSS secara langsung akan dirasakan masyarakat Kabupaten Lebak. Kemungkinan para investor yang masuk bergerak di bidang pariwisata, perumahan, pertambangan, dan pertanian.

"Kami yakin pembangunan JSS itu dapat menyerap lapangan pekerjaan, sekaligus mendongkrak perekonomian warga Lebak," ujar Enjat.

Juli, pengusaha Kabupaten Lebak menambahkan, pembangunan JSS harus segera direalisasikan karena pertumbuhan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera terus meningkat. Bahkan, Pelabuhan Merak kerap kali dipadati truk hingga mengular beberapa kilometer.

"Jika terjadi penumpukan kendaraan hingga sampai jalan tol, maka itu akan berdampak terhadap perekonomian di Banten juga Lampung," katanya.

Ia menyebutkan, selama ini kondisi Pelabuhan Merak sudah tidak layak karena sering terjadi antrean kendaraan dan penumpukan penumpang.

"Kami berharap pembangunan JSS bisa dilaksanakan pada 2015," ucapnya.

Sumber : Kompas

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l2r769.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...