IBI Darmajaya Kembali Berperan Dalam Tes CPNS

IBI Darmajaya Kembali Berperan Dalam Tes CPNS Source Picture : Darmajaya Doc

Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya kembali berperanan dalam pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil dengan menggunakan sistem "computer assisted test" (CAT).        

Tidak hanya dalam pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), Polda Lampung juga mempercayakan pelaksanaan seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) tahun 2015 di IBI Darmajaya, Bandarlampung, Kamis.       

Sebanyak 60 anggota kepolisian dari berbagai satuan mengikuti seleksi perwira di Laboratorium Information Acces Centre (IAC) IBI Darmajaya.

Karo SDM Polda Lampung, Kombespol Agung Julianto, mengatakan seleksi sekolah perwira menggunakan sistem CAT merupakan pertama kalinya dilaksanakan Polda Lampung.

IBI Darmajaya menjadi pilihan karena dari sisi fasilitas, kampus berbasis IT ini dinilai sangat memadai untuk pelaksanaan tes.

"Kami sudah melakukan survei dan kajian di beberapa perguruan tinggi di Lampung untuk pelaksanaan tes. Pilihan kami jatuh pada IBI Darmajaya karena sarananya memang menunjang dan memiliki tenaga IT yang mumpuni. Darmajaya bahkan mampu membangun software CAT sesuai dengan rancangan yang kami butuhkan," ujarnya pula.

Pelaksanaan tes dengan sistem CAT diakuinya sebagai salah satu upaya pihak kepolisian Lampung untuk melakukan seleksi yang transparan dan akuntabilitas.

Menurut Agung, hal ini salah satu inovasi Polda Lampung dalam menciptakan SDM berkualitas di jajaran kepolisian.

Sistem CAT, kata dia, rencananya diimplementasikan pada seleksi-seleksi lainnya seperti perekrutan anggota Polri.

"Kami berterima kasih sekali kepada IBI Darmajaya yang begitu terbuka memfasilitasi dan membantu kami, sehingga proses seleksi berjalan lancar. Mudah-mudahan kerja sama ini tak hanya berhenti sampai di sini tetapi juga bisa berkelanjutan tahun-tahun selanjutnya," ujar Agung.    

Kepala ICT IBI Darmajaya, Sutedi mengatakan bahwa software CAT SIP Polda Lampung merupakan karya IBI Darmajaya yang dirancang tim IAC.    

Software ini dikembangkan menggunakan pemrograman berbasis visual yang fleksibel dalam penentuan jumlah soal, sehingga menjamin pelaksanaan tes tanpa terjadinya kecurangan.    

Software CAT didesain dengan tampilan sederhana, sehingga mudah dipahami para peserta tes dalam menjawab. Software juga dilengkapi dengan simulasi yang memberikan informasi dan tata cara pelaksanaan tes. Tes SIP berdurasi 90 menit dengan jumlah soal 100 pertanyaan yang disajikan secara acak dari total 150 soal.       

"Soal diberikan langsung dari Polda, dan Alhamdulillah selama tes tidak ada kendala berarti, semua berjalan lancar," ujar Sutedi.     

Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi yang meninjau pelaksanaan tes bersama Kapolda Lampung, Brigjen Heru Winarko, menuturkan untuk perkuliahan IBI Darmajaya dilengkapi dengan sarana laboratorium berstandar internasional.     

Sarana ini tentunya sangat menunjang pelaksanaan tes CAT, katanya.    

Menurut dia, selama ini IBI Darmajaya telah menjadi rujukan untuk pelaksanaan tes dengan sistem CAT, baik CPNSD, kepolisian dan tes lainnya.   

Dia menegaskan, Program CAT tidak hanya memudahkan proses seleksi, tetapi juga mendukung perekrutan tenaga kerja yang transparan, cepat dan akurat.      

"Kami berharap kerja sama dengan Polda Lampung dapat diperluas salah satunya dengan pengembangan teknologi informasi di tingkatan polsek-polsek di Lampung," katanya pula.

Sumber : Antara

 

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l6r630.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...