Dalam Satu Jam, Tiga Gempa Guncang Selat Sunda Lampung

Dalam Satu Jam, Tiga Gempa Guncang Selat Sunda Lampung Source Picture : @infogempaa

 

Hanya dalam waktu satu jam, tiga gempa beruntun mengguncang Perairan Selat Sunda, Lampung.

Tiga gempa mengguncang Selat Sunda secara beruntun terpantau terjadi sejak pukul 04.29 WIB hingga pukul 05.11 WIB, Selasa pagi, 3 Februari 2015.

Badan Meteorologi, Klimitologi dan Geofisika (BMKG) dan Komunitas Pemerhati Seismik Indonesia (Kosmik) menyebutkan, gempa di Selat Sunda diawali dengan gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR).

Gempa terjadi sekitar pukul 04.29 WIB, gempa berlokasi 49 kilometer sebelah tenggara Pulau Kiluan, Lampung. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Hanya berselang tujuh menit, sekitar pukul 04.36 WIB, gempa kembali mengguncang Selat Sunda. Gempa susulan ini berkekuatan 3,8 SR, berlokasi di 73 kilometer sebelah barat daya Pulau Belimbing dengan pusat gempa di kedalaman 10 kilometer.

Setengah jam kemudian, tepatnya pukul 05.11 WIB, Selat Sunda kembali diguncang gempa dengan skala 3,0 SR, lokasi gempa berada tak jauh dari lokasi pertama yakni di 47 kilometer tenggara Pulau Kilauan, Lampung. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Meski pusat gempa berada di kedalamanan yang cukup dangkal dan rawan memicu gelombang tsunami. Namun, BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini ancaman gelombang tsunami.

Sumber : Viva

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l5r811.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...