BPPD Ingatkan Daerah Zona Merah Bencana Alam di Lampung

BPPD Ingatkan Daerah Zona Merah Bencana Alam di Lampung Source Picture : okezone

 

Menanggapi masalah banjir yang melanda di wilayah Lampung, Badan Penanggulangan dan bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung mengingatkan seluruh kabupaten/kota yang rawan longsor dan banjir untuk melakukan antisipasi bencana.


Kepala BPBD Lampung Sobri mengatakan ada beberapa Kabupaten yang masuk zona merah rawan banjir dan longsor, diantaranya :

Kota Bandar Lampung

  • Kabupaten Lampung Utara
  • Kabupaten Tulangbawang
  • Kabupaten Tulangbawang Barat
  • Kabupaten Lampung Barat
  • Kabupaten Pesisir Barat 


"Pada dasarnya semua kabupaten rawan banjir termasuk Bandar Lampung, tapi banjirnya bersifat sekilas lewat begitu saja," kata Sobri di ruang kerjanya, Senin (9/2/2015).


Sobri melanjutkan meski banjir telah melanda beberapa wilayah sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan dari Kabupaten, tarkait masalah penanggulangan maupun bantuan. "Kalau ada yang minta bantuan kami sifatnya siap siaga, apa yang dibutuhkan kami berikan. Tetapi sampai tadi pagi belum ada yang melapor minta bantuan," Kata Sobri


Untuk itu, Sobri menghimbau kepada seluruh Kabupaten/Kota untuk mengantisipasi datangnya musibah, terutama mereka yang tinggal di wilayah dekat dengan perbukitan dan dan sungai.


"Kita harus tetap waspada dan hati-hati karena musibah ini tidak bisa dipastikan kapan datangnya apalagi di daerah sekarang sering ekstream," kata dia.


Menurutnya, untuk mengantisipasi datangnya bencana tersebut pihaknya membagi zona tersebut dibagi kedalam tiga kelompok diantaranya siap siaga, tanggap darurat, dan perbaikan.


Bagi daerah yang terkena bencana alam dapat melapor ke BPBD Kabupaten untuk mengajukan bantuan. "Bantuan yang kita berikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan," ujarnya.

Sumber : Lampost.co

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l6r422.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...