7 Pinsip Dasar Design Interior Yang Perlu Kamu Ketahui

7 Pinsip Dasar Design Interior Yang Perlu Kamu Ketahui Source Picture : Bernama Interior
Wah, ternyata sebentar lagi Bulan Ramadhan tiba. Banyak kesukacitaan untuk menyambut bulan ini, terutama dengan perbaikan diri dengan ibadah. Terlebih untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, nggak sedikit juga orang yang melakukan renovasi rumah atau interior ruangan sebagai bentuk  usaha memberikan jamuan yang terbaik untuk saudara, kerabat dan teman-teman yang akan berkunjung saat hari raya idul fitri.
Nah, ada rencana apa untuk update interior rumahmu? Mungkin sebelum itu, ada 7 Hal penting yang harus kamu perhatiin terkait design interior. Apa itu?
 
Unity and Harmony
Yaitu suatu ruangan dianggap sebagai suatu kesatuan dimana semua elemen yang ada saling melengkapi dan berkesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga menghasislkan komposisi yang seimbang.
Keseimbangan (Balance)
Sesuai dengan judulnya, Keseimbangan berarti tidak “berat” sebelah. Tidak terlalu condong ke sisi sebelah kanan atau kiri atau atas dsb. Aksen pun harus memiliki keseimbangan dengan lingkungan sekitarnya.
Style keseimbangan terbagi 3 yaitu: simetris, asimetris, dan radial
 
-Keseimbangan Simetris
Symmetrical room 150x150 Pengertian dan 7 Prinsip Desain InteriorKeseimbangan simetris terjadi apabila berat visual dari elemen-elemen desain terbagi secara merata baik dari segi horizontal maupun vertikal. Gaya ini mengandalkan keseimbangan berupa dua elemen yang mirip dari dua sisi yang berbeda. Kondisi pada keseimbangan simetris adalah gaya umum yang sering digunakan untuk mencapai suatu keseimbangan dalam desain. Meskipun mudah untuk diterapkan, keseimbangan simetris sulit untuk membangkitkan emosi dari pembaca visual karena terkesan “terlalu direncanakan”. Kesimbangan simetris juga biasa disebut dengan keseimbangan formal.
 
- Keseimbangan Asimetris
asimetris room 150x150 Pengertian dan 7 Prinsip Desain InteriorKeseimbangan asimetris terjadi ketika berat visual dari elemen desain tidak merata di poros tengah halaman. Gaya ini mengandalkan permainan visual seperti skala, kontras, warna untuk mencapai keseimbangan dengan tidak beraturan. Seringkali kita melihat sebuah desain dengan gambar yang begitu besar diimbangi dengan teks yang kecil namun terlihat seimbang karena permainan kontras, warna, dsb. Keseimbangan asimetris lebih mungkin untuk menggugah emosi pembaca visual karena ketegangan visual dan yang dihasilkannya. Ketegangan asimetris juga biasa disebut dengan keseimbangan informal.
 
-Keseimbangan Radial
Adalah ketika semua element desain tersusun dan berpusat di tengah. Misalnya: Tangga berbentuk spiral.
 
tangga spiral 150x150 Pengertian dan 7 Prinsip Desain Interior
 
Focal Point
Focal Point disini maksudnya adalah aksen yang menjadi daya tarik ruangan. Bisa satu atau lebih, tapi jangan semua. Misalnya Focal Point pada ruangan adalah jendela besar yang ada di ruangan, perapian atau bisa juga lukisan.
 
Ritme (irama)
Dalam desain interior, ritme adalah semua pola pengulangan tentang visual. Ritme didefinisikan sebagai kontinuitas atau pergerakan terorganisir. Bingung? Mungkin gambar-gambar di bawah dapat membantu icon smile Pengertian dan 7 Prinsip Desain Interior
 
 
Perhatikan, efek visual yang diberikan wallpaper memberikan nuansa yang berbeda.
 
  
Details
Yang namanya detail disini kalau dijabarkan bisa panjang banget. Mulai dari pemilihan sakelar, tata cahaya, letak pot bunga dan lain sebagainya. Detail biasanya  tidak jelas tetapi mereka harus benar sehingga meningkatkan nuansa keseluruhan ruangan.
 
Skala dan Proporsi
Kedua prinsip desain yang berjalan beriringan, karena keduanya berhubungan dengan ukuran dan bentuk. Sebenarnya masih berhubungan dengan konsep keseimbangan dan aksen yang telah dipaparkan sebelumnya saya rasa, namun kali ini lebih kepada ukuran. Misalnya ukuran kursi tamu dan meja tamu yang seimbang. Apabila mejanya terlalu tinggi, maka pengguna kursi akan merasa tidak terlalu nyaman dengan desain meja tersebut. Kira-kira seperti itulah
 
Warna
Yang ini sih gak usah diragukan lagi memegang peranan penting dalam menghasilkan nuansa dan mood suatu ruangan.
Jadi, sudah mulai ada gambaran design interior mana yang anda inginkan? Ayo buat keputusan sekarang!
Kalo kamu masih ngerasa bingung untuk bikin koksep design interior di rumah atau kosan, kamu bisa konsultasi langsung ke Bernama Interior yang ada di Mall Boemi Kedaton Lantai GF (sebelah Lift) Bandarlampung. Pelayanan yang ramah bisa bikin kamu lebih nyaman untuk membantu kamu menemukan ide. Bisa juga konsultasi via BBM dengan klik ini 5271970F
 
 
Ryan Januar Sherty

About the Author

Ryan Januar Sherty Connect, Share and Get idea. Amateur web and creative designer. Juru ketik. Antithesism.

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l9r256.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...