10 Alasan Tubuh Cepat Merasa Lelah

10 Alasan Tubuh Cepat Merasa Lelah Source Picture : Istimewa

 

Lelah adalah suatu hal yang manusiawi dan dianggap normal bagi setiap orang. Sebab, tidak ada orang yang bisa fit setiap saat, karena semua pasti membutuhkan istirahat. Namun, tahukah Anda bahwa lelah yang keseringan merupakan hal yang tidak wajar bagi tubuh kita? Semua pasti ada alasannya.

Berikut 10 alasan mengapa tubuh Anda sering merasa lelah:

1. Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu minuman yang menyehatkan bagi tubuh kita. Tubuh membutuhkan asupan cairan atau air putih untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Sehingga, apabila asupan cairan atau air putih kita tidak terpenuhi maka akan membuat kita cepat lelah. Sebagai tips, sangat dianjurkan bagi kita untuk minum minimal delapan gelas air putih per hari. 

2. Kurang Olahraga

Kurang olahraga ternyata membahayakan bagi tubuh kita. Menurut penelitian dari University of Hongkong, dampak jangka panjang dari tidak pernah berolahraga sama berbahayanya dengan merokok. Jika merokok saja berdampak mematikan berarti kurang olahraga juga dapat berdampak mematikan kelak.

Olahraga memiliki banyak manfaat yaitu membuat otot dan rangka bergerak karena sebenarnya itulah fungsi tubuh kita untuk membuat tubuh mau bergerak, selain itu dengan berolahraga akan meningkatkan denyut jantung sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi  bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. 

3. Kurang Mengkonsumsi Zat Besi

Zat besi adalah salah satu asupan tubuh yang harus terpenuhi. Tubuh yang kekurangan zat besi akan mengakibatkan mudah lelah, kepala pusing dan perasaan gelisah yang tak menentu. Apalagi kondisi tersebut sering terjadi pada wanita pada saat menstruasi, ibu hamil maupun menyusui.

Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia. Sehingga sangat dianjurkan memakan makanan yang mengandung cukup zat besi maupun vitamin. Zat besi diperoleh dari daging, makanan laut, vitamin c seperti jeruk, stroberi, pepaya, dan tomat.

4. Melewatkan Sarapan

Banyak orang mengabaikan sarapan karena merasa tidak terbiasa dengan makan pagi, diet, maupun tidak sempat. Padahal jika kita mau membiasakan diri, sarapan memiliki banyak manfaat, yaitu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi kelelahan dan mengantuk. 

5. Selalu Memaksakan Diri

Selalu memaksakan diri merupakan ciri orang perfeksionis. Memang kita dalam melakukan pekerjaan apapun harus bertindak profesional, namun bukan berarti harus memaksakan diri ketika kita tidak mampu. Kita cenderung melakukan apapun dengan terburu-buru atau tergesa-gesa, meng'iya'kan semua yang atasan kita katakan, dan terkadang suka menunda-nuda pekerjaan meski  hasilnya selesai tepat pada waktunya. Hal itulah yang tanpa kita sadari membuat tubuh kita mudah lelah.

6. Junk Food

Junk Food atau Fast Food identik dengan makanan orang kota. Makanan cepat saji tersebut biasanya di makan oleh orang-orang karena alasan tidak sempat untuk memasak sendiri, atau bahkan hanya dengan alasan "keren" maupun "mewah". Padahal jika kita pahami lebih lanjut Junk Food adalah makanan kaya gula dan lemak jenuh, sehingga sangat dimungkinkan bagi para penggemar makanan cepat saji mereka akan terkena penyakit obesitas. 

7. Lingkungan yang Kurang Bersih

Lingkungan yang kurang bersih berpengaruh juga pada kinerja tubuh kita. Di dalam lingkungan yang kotor banyak tersimpan kuman-kuman penyebar penyakit maupun toksin. Ribuan bahkan jutaan berada di sekitar kita. Itu semua dipengaruhi karena gaya hidup kita yang kurang sehat. Bila kuman atau toksin tersebut dibiarkan masuk dalam tubuh kita akan membahayakan kesehatan tubuh kita.

8. Bergantung pada Kafein

Kopi sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam kadar yang pas atau tidak lebih dari empat cangkir sehari. Namun, jika kopi dikonsumsi terlalu banyak tentu akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh kita. Beberapa efek negatif yaitu menyebabkan gelisah, sakit kepala, gangguan pencernaan, gangguan buang air kecil, dan juga insomnia. Insomnia tentunya akan membuat kita lelah sehingga akan mengganggu aktivitas kita di pagi hari.

9. Bermain Gadget di Saat Istirahat

Mungkin kebanyakan dari anda memiliki alasan tersendiri untuk memainkan gadget di saat istirahat. Ada yang karena alasan mendesak, tidak ada waktu, atau bahkan iseng karena tidak bisa tidur. Namun, perlu diketahui bahwa hal tersebut dapat mengganggu waktu istirahat anda, yang berarti waktu istirahat anda akan berkurang, sehingga akan membuat anda cepat lelah ketika beraktivitas esok hari.

Selain itu, apabila anda terlalu sering bermain gadget akan berdampak buruk pula bagi kesehatan mata Aanda, mata kita akan terasa kering dan panas. Menurut dr. Ikhsan Revino, spesialis mata dan klinik SMEC, mata yang digunakan terlalu lama untuk melihat gadget tanpa diimbangi dengan istirahat akan menyebabkan mata cepat lelah dan mengantuk.

10. Begadang di Waktu WeekEnd

Weekend merupakan waktu berlibur bagi anda. Sangat disayangkan apabila Anda menyia-nyiakan waktu berharga tersebut untuk hal-hal yang kurang berguna. Kebanyakan dari kita malah memanfaatkan weekend untuk begadang sampai larut hanya untuk menonton film ataupun menonton bola sampai pagi. Luangkanlah waktu untuk beristirahat, agar badan bugar kembali ketika hari sibuk kita telah datang.

Sumber : Liputan6

Rudy Sugiyono

About the Author

Rudy Sugiyono

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l5r655.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...